1 April kemarin, ada sebuah berita yang menghebohkan jagad fangirling, tidak hanya di Korea, tapi juga internasional. You know what I mean, don’t you?

Bagi saya, setidaknya sejauh ini, level tertinggi sebuah kegiatan fangirling adalah ketika kamu mendapati berita bahwa idolamu mengencani seseorang dan kamu ikut berbahagia untuknya. Sedikit susah, memang, apalagi jika rasa kepemilikan kita terhadap idola sudah sebegitu tingginya. Tapi coba pikir lagi, jika berita kencannya tidak tersebar di media, apa kamu benar-benar percaya bahwa si idola itu sama sekali tidak punya affair dengan siapa pun?

Sejak awal terlibat dalam urusan fangirling, saya selalu senang menjodohkan idola saya dengan orang lain—biasanya dengan orang yang berstatus sebagai idola saya juga. Alasannya sederhana: karena saya tahu saya tidak akan punya kesempatan untuk bisa menjadi that-one-person bagi male idol yang menduduki daftar teratas bias saya, maka saya memilihkan seseorang yang nilai qualified enough untuk mereka. Kalau seandainya mereka yang saya jodohkan itu akhirnya benar terlibat dalam hubungan asmara di dunia nyata, maka itu kebahagiaan tersendiri bagi saya. Kalaupun tidak, selama mereka mengencani orang yang saya nilai baik, maka tentu saja mereka pasti mendapat restu sepenuhnya dari saya (as if my blessing is important. lol).

Di beberapa postingan sebelum ini, saya sudah sering menulis bahwa pairing yang paling saya dukung (dulu) adalah Sunye dan Donghae. Ketika akhirnya Sunye memilih orang lain, memang saya sedikit kecewa. Afterall, mereka adalah couple yang sudah saya dukung sejak awal mengenal Kpop dan saat Sunye mengumumkan berita pertunangannya, saya memang belum sepenuhnya bisa bersikap dewasa. Tapi setelah melihat pria seperti apa yang dia pilih, rasanya konyol sekali kalau saya tidak bersedia ikut bahagia untuk mereka. They’re just so  great to be together.

Hal berbeda terjadi pada Jessica. Ini kekanakan, memang, tapi sampai sekarang saya masih belum bisa menerima jika dia benar menjalin hubungan spesial dengan that-Kwon-guy. Bukan karena saya masih begitu bernafsu menginginkan dia bersama Donghae. I still ship them though, tapi jika bukan bersama Donghae pun, saya yakin hati saya akan baik-baik saja selama Jessica memilih seseorang yang menurut saya sepadan dengannya.

Intinya adalah tentang seberapa serasi idola saya dengan orang yang mereka pilih untuk dikencani. Dan jika kita kaitkan hal ini dengan berita tentang Kaistal, maka saya pikir sudah seharusnya para fans mendukung dan berhenti menunjukkan bahwa mereka sakit hati. I mean, grow up, Kids! Krystal dan Kai itu sangat cocok untuk satu sama lain. Lagipula, bukankah spekulasi tentang hubungan mereka sudah tersebar jauh sebelum foto ‘kencan’ mereka dirilis Dispatch dan dikonfirmasi oleh pihak managemen? Kenapa setelah akhirnya hubungan mereka dikonfirmasi, kalian semua bersikap seolah ini adalah kejutan? Kenapa kalian bisa sebegitu mudahnya menyukai sebuah fanfiction yang memasangkan idola kalian dengan gadis lain yang tidak nyata tapi ketika dia dikabarkan menjalin hubungan dengan seseorang yang berada di level setara dengannya, kalian bertindak seperti orang baru saja diselingkuhi? Merasa dikhianati? Oh, come on! Kalian adalah fans. Idola itu milik kalian di atas stage dan di depan kamera. Selebihnya mereka adalah individu yang bebas memilih hendak melakukan apa saja yang mereka inginkan.

Sebagai  seorang penggemar, tentu saja kita berhak berkomentar atas apa yang mereka lakukan dengan kehidupan pribadinya. Saya tidak akan bilang kalau kalian tidak seharusnya mengungkapkan ketidakrelaan yang kalian rasakan. Wajar jika kalian terkejut, tapi sebaiknya akibat dari keterkejutan itu dibatasi agar kehidupan nyata kalian tidak terpengaruh lebih dari seharusnya.

Revealed or not, your oppa is always has someone beside him.

.

.

.

PS: Saya cukup terlatih dengan urusan dating seperti ini, dan percayalah, merestui mereka adalah yang terbaik. Kalimat seperti “I’m happy for him but deep inside I’m dying and I don’t know how to see his face again without being hurt” tidak seharusnya hadir.

Leave a Reply

