The Weibo Posts

Dua hari lalu, saya membuka akun social media hanya demi mendapati postingan mengejutkan bahwa Jessica dikeluarkan dari SNSD. Lucu? Awalnya iya. Semua fans juga berpendapat bahwa itu konyol dan sepakat bahwa itu adalah ulah hacker. Saya juga memutuskan untuk berpikiran sama, karena selama saya mengenal KPop, tidak pernah ada istilah seorang member dikeluarkan dari grupnya. Yang ada hanya member yang keluar dari grupnya karena masalah kontrak.

Pemikiran seperti itu bertahan sampai siang hari, ketika saya bosan menunggu dosen pembimbing dan memutuskan untuk mengecek handphone. Notifikasi dari sosial media yang lebih banyak dari biasanya membuat saya heran.

 Lo liat berita deh. Tapi jangan mewek ya!

OTP lo lagi-lagi kandas. Turut berduka cita ya, Ay! Gue saranin lain kali ga usah ngeship siapa2 lagi. Dari Sunhae, Krissica, sampe Haesica, semua karam!

Haesica is over. Haedara is the real couple. Hahaha…

I told you, Haesica will never be real. Donghae is no longer her ideal type. He doesn’t rich enough to fulfill Sica’s dream.

Itu datang dari teman-teman saya, yang kemudian membuat saya menggila membuka satu per satu link berita yang menyertakan nama Jessica. Mulai dari postingan weibonya yang ternyata tidak di-hack, member SNSD yang berangkat ke Cina tanpa Jessica, foto Jessica dan Tyler Kwon di bandara, sampai keterangan orang dalam SM Entertainment mengenai Jessica yang dikeluarkan karena terlalu fokus dengan urusan pribadinya, Jessica yang baru saja meluncurkan brand baru (yang sebagian didanai oleh Tyler Kwon), Jessica yang sibuk dengan rancangannya hingga tidak lagi meletakkan kepentingan SNSD sebagai yang utama, dan Jessica yang berencana mengejar cita-citanya sebagai desainer professional—-dan menikah  di usia 26 tahun.

Ketika saya selesai membaca satu per satu berita tersebut, yang bisa saya lakukan hanya menangis bodoh di depan ruang dosen, di depan sekian banyak mahasiswa S2 dan S3 yang sama-sama sedang menunggu. Ya, dari segi usia, saya yang sudah hampir menginjak usia seperempat abad mungkin sudah bisa dikatakan dewasa—terlalu dewasa hingga konyol saja rasanya jika menangis di depan orang banyak hanya karena idola saya benar dikeluarkan dari grup yang membesarkan namanya.

But I do love this girl. Karena seberapa banyak pun saya menyukai member SNSD lain, seorang Jessica Jung tetap menjadi ultimate bias saya di grup ini. Mengetahui kalau dia dikeluarkan rasanya sungguh tidak adil, apalagi membaca postingan-postingan di beberapa portal berita yang mengesankan seolah Jessica adalah korban.

Iya, saya tahu memang tidak seharusnya kita percaya semua yang tertulis di berita. Kita tidak pernah benar-benar tahu apa yang sedang terjadi antara mereka di sana, tapi terkadang saya memang terlalu biased hingga saya memihak Jessica, tidak peduli meski orang mengatakan dia sedang berakting seolah dia adalah satu-satunya korban.

Saya ingat perkataannya di reality show yang dia bintangi bersama adiknya, bahwa dia menyeraahkan masa remajanya demi SNSD. Saya ingat bagaimana dia menjalani trainee panjang hingga akhirnya bisa debut. Saya ingat bagaimana transformasi seorang Ice Princess menjadi sosok yang lebih ekspresif di depan kamera.

Maka saya marah. Marah kepada SM yang katanya mengeluarkan Jessica karena dia tidak lagi fokus pada statusnya sebagai member SNSD. Saya marah kepada 8 member lainnya yang tidak berusaha lebih untuk mempertahankan anggota yang telah berjuang bersama mereka selama bertahun-tahun. Saya marah kepada that Tyler bastard Kwon for entering Jessica’s life. Dan saya bahan marah kepada Jessica karena membiarkan pria itu memasuki hidupnya.

Saya sudah pernah mendengar rumor kedekatan Jessica dengan banyak pria lain; Donghae, Jaejoong, Taecyeon, Jonghyun. Tapi tidak ada di antara pria-pria ini yang memberi dampak begitu buruk pada Jessica. Dan Tyler Kwon ini… entahlah. Mungkin saya salah jika menaruh kesalahan terbesar pada pria ini, tapi tidak tahu kenapa rasanya mukanya terlihat terlalu brengsek hingga saya sulit percaya bahwa dia orang baik.

Mungkin memang Jessica salah karena terlalu fokus terhadap niatnya menjadi seorang desainer profesional hingga terkesan menelantarkan SNSD. Tapi bukankah dia sudah menunjukkan upayanya menyeimbangkan ambisi pribadinya dan urusan grup dengan datang buru-buru ke Korea demi menghadiri acara fanmeeting di China segera setelah dia mengurus keperluan sekolahnya di Amerika? Mungkin memang Jessica terkesan terlalu serakah karena menginginkan keduanya bisa berjalan dengan baik. Tapi setidaknya dia sudah berusaha untuk itu. Kenapa seolah tidak ada yang mendukung usahanya?

The Wedding Rumor: When My Beloved OTP Stopped Me to Keep Believing (Again)

Saya selalu berharap suatu hari akan terbangun dan mendapati berita menyenangkan dari couple yang saya sukai. Tapi kenyataan tidak selalu semanis harapan. Dan karena berita ini, sekali lagi OTP saya kandas.

Saya masih ingat sekitar tiga tahun lalu, saat Sunye mengumumkan dia sedang menjalin hubungan dengan seorang pria yang bukan selebriti, rasanya ada yang mengganjal di hati saya. Yah, keegoisan seorang shipper yang terlalu berharap pasangan idol yang mereka sukai bisa bersama membuat saya butuh waktu hampir dua tahun untuk benar-benar bisa merelakan dia bersama laki-laki yang bukan Donghae.

Haesica lalu menjadi pilihan OTP saya selanjutnya. Lucu sekali sebenarnya bagaimana couple yang dulu tidak memberikan feel apa-apa bagi saya, mendadak bisa membuat saya begitu mencintai mereka, menunggu dengan sabar moment sekecil apapun yang mungkin terjadi antara mereka, kemudian tersenyum bodoh ketika akhirnya moment itu datang.

Dibanding ice fishy lain, saya mungkin terlambat menyadari betapa kuatnya hubungan antara kedua orang ini. Yah, biarpun pada saat saya memutuskan menyukai mereka, pasangan ini sudah tidak seakrab dulu lagi, tapi serangkaian moment mereka di masa lalu membuat saya percaya bahwa mereka pernah benar-benar bersama, dan itu memberi harapan bagi saya untuk berharap suatu hari nanti mereka bisa kembali bersama.

Sayangnya, semua harapan saya hancur ketika media ramai memberitakan tentang Tyler Kwon yang katanya menemani Jessica ke Amerika sebelum berita pemecatan itu keluar, tentang Tyler Kwon yang katanya menjadi penyebab Jessica dikeluarkan dari SNSD, dan tentang Tyler Kwon yang katanya akan menikahi Jessica pertengahan tahun depan.

Meski dia sudah berulang kali membantah gosip pernikahan itu, tapi sepeti yang sudah saya tulis di atas, muka pria ini terlihat terlalu brengsek hingga saya tidak bisa percaya lagi pada apa yang dia katakan. Padahal saya sudah cukup tenang ketika beberapa hari lalu Tyler mengklarifikasi bahwa gambar cincin dan tulisan I Do yang dia upload di akun weibonya adalah milik temannya. Sekarang dengan beredarnya berita tntang dia dan Jessica, saya jadi kemballi berpikir betapa lugunya kami, sebagian fans, yang percaya begitu saja pada upaya klarifikasi pria itu. I was like… fuck this shit!

Iya, ini kasar. Dan mungkin ini egois karena saya mengharapkan mereka berdua berpisah. Melihat profil Tyler Kwon, saya tahu betapa kaya dia dan betapa kekuasaan yang dia miliki bisa membantu Jessica meraih mimpinya sebagai desainer. Melihat bagaimana dia setia menemani Jessica sampai ke Amerika demi mencari sekolah fashion untuk gadis itu, saya bisa merasakan dia peduli terhadap Jessica. Tapi rasanya itu tidak cukup. Karena di berita yang sama, saya tahu bahwa dia pernah menjalin hubungan dengan seorang artis Hongkong saat awal dia mengembangkan usahanya di negara itu. Lalu sekarang saat dia berusaha menstabilkan usaha yang baru dirintiskannya di Korea, dia kedapatan menjalin hubungan dengan Jessica. Itu belum termasuk rumor kedekatannya dengan artis Korea lain yang dia kenal sebelum Hyoyeon memperkenalkannya kepada Jessica.

Saya berusaha meyakinkan diri saya bahwa Jessica pasti memilih Tyler karena dia mencintai pria itu, bukan karena dia merasa Tyler bisa membantunya mewujudkan mimpi pribadinya. Saya berusaha meyakinnkan diri saya bahwa Tyler benar menyukai Jessica dan peduli terhadapnya. Saya berusaha meyakinkan diri saya bahwa hubungan mereka berdasar rasa suka antar pria dan wanita, bukan karena simbiosis mutualisme. But sometimes it’s hard to accept the thing your mind don’t want to accept, isn’t it? And I was too shock to differentiate what’s good and what’s not.

Tiba-tiba saya merasa ingin membandingkan Jessica dan Sunye. Kenapa waktu Sunye mengumumkan dia akan menikah dengan James, pihak JYP, para member WG dan semua Wonderful terlihat begitu bahagia sedangkan ketika isu yang sama menerpa Jessica, reaksi yang diperolehnya jauh berbeda. Kemudian saya berpikir, iyalah, lihat betapa bersahaja tampang James dan bandingkan dengan this Tyler bastard. James mungkin tidak sekaya Tyler, tapi dengan melihat saja, orang sudah tahu bahwa dia pria yang paling pantas mendampingi Sunye.

Maafkan saya kalau tulisan ini terlihat sangat subjektif dan konyol. Saya sudah berusaha menenangkan diri dengan menulis ini bukan di hari ketika rumor tentang Jessica ini meruak pertama kali. Saya pikir setelah beberapa hari, semua kemarahan saya akan mereda. Tapi ternyata tidak.

Melihat semua ini, mungkin saya memang harus merelakan Haesica sebagai OTP utama saya sekarang ini untuk kandas. Dan saya tahu itu tidak mudah. But time will heal everything, right? I’ll try to mend this broken heart of mine and sincerely pray for the happiness of my lovely biases. But not now.. Maybe I need to find another powerful OTP to make me forget about my obsession to see Haesica become real. Donghae-Bora, maybe? lol.

15 thoughts on “The Shocking News About Jessica Jung

  1. Huhuhu aku juga sedih banget kaa denger bias ku dikeluarin dr grup 😦 aku pikir SM ga nyesel tuh ngeluarin lead vocal?? Ya ampun sedih banget 😦 apalagi wktu denger gosip sica mau nikah ama cowo itu huhuhu aku ga rela.. sama kayak kk juga aku ngerasa cowo itu ga cocok ama jessica T.T knpa jessica harus kenal ama cowo itu sih dan keluar dr snsd 😦 sediihhh …
    Donghae ama jessica pdhal cocok banget *nangis dipojokan ..
    Semangaat yaa ka sbgai sama2 haesica shipper mari kita saling menguatkan hahaha 😦

    Ohh ia kaa lanjutan ff nya kapan di share?? Hehe.. penasaran nih ama lanjutannya 😀 sekalian buat menghibur diri huhuhu T.T

  2. kalau menurutku, ada beberapa member SNSD yang ingin mempertahankannya. tapi nggak semua. yang mempertahankan mungkin beberapa orang aja. it’s just my opinion

  3. Benar apa yg di tulis tentang bastard itu. Aku menangis bukan karna haesica kandas malah bukan juga karna sica bukan lg member SNSD. Sebaliknya aku menangis karna apa dia bahagia

  4. Apa sica bias bahagia bersama bastard itu? Banyak kenyataan mengenai bastard itu yg kurangkan menyenangkan. Bagaimana nantinya sica bakal hidup karna bastard itu pernah ngehancurin hati ex- gf nya. Mungkin sica juga bakal hadapi nasib yg sama. Mungkin jika nantinya blanc bermasalah (bukan niat sekadar nyatakan) adakah sica juga bakal ditinggalkan tanpa apa-apa karna dia bukan lg member SNSD. Ini cuma perasaan ku. Maaf meluahkan di sini.

    1. we share the same worry then.. I just hope the best for Jessica. because if this kwon guy can not make her happy at the end, I’m sure I’ll spend my whole life hating this guy and pray for his destruction

  5. huhuuu setujuu banget min! emng si tyler itu membawa pengaruh bruk banget bagi jessica! sedihh banget pas denger berita ttng jessica kaya ginii, pingin nangis tapii ga bisa huhuu 😦 kenapa ya bias yg aku suka slalu ga bisa bersama? :((

  6. Sama eonn..aku jg nangis di pagi buta dpt kbr klo biasku tercinta dikeluarin…aku sedih bgt sumpah..smua biasku gak ada yg enak britanya..dimulai dr GD dating sama the B!tch kik* itu..trus darahae moment yg mewabah..dan terakhir Ice Princess yg dikeluarin trus dia ke NY sama si bastard big forehead tyler kwon itu..sakit bgt sumpah..seharian itu aku cm diam aja di sekolah *ehh_malah_curhat* 0_0..tp kita sbg fans yg baik hrus mendukung apapun yg dilakuin ama bias kita walaupun itu menyakitkan stngah mati gak apa deh yg pnting mereka senang #lebay..semangat eonn!!ditunggu klanjutan MINE: MELTING ICE PRINCESS nya ya 🙂

  7. Walaupun jessica bukan bias ku tapi aku gak rela banget kalau di dikeluarin dan aku SUMPAH jengkel abis ma tyler itu dan katanya temenku si tyler itu penipu katanya dia suka nipu temen”nya aku juga gak tau pasti sih
    Yang penting intinya aku gak rela banget kalau jessica dikeluarin cuma gara gara itu

  8. Thor~ pemikirin kita sama :’)
    Aku juga ngerasa Tyler itu org gak baik, tapi aku coba positive thinking kalo dia bener2 care sama Jess onnie~
    Aku juga sependapat sama author tentang marah sama SNSD karna mereka tidak mencoba untuk mempertahankan Jess onnie~ 😥
    Aku juga Haesica shipper~
    Walaupun udah fix mereka gak Real couple, tapi aku masih nyipperin mereka sampe kapanpun~~~~
    Aku setuju sama postingan author ini~

  9. saat dger brita itu q bner2 shock bget,smpe gk tau mau gmn,bner2 gk bs diungkapin prsaan ni… sakitnya
    q ngrsa bhwa smua shbat tdak clalu jahat tp tdk jg clalu baik. disaat brsm mgkin kita akn mnjadi tman brbagi tp ktika kita mmtuskn tali prshbatan itu mgkin kita tdk akn prnh dipdulikn lg. ada hal yg ngebuat gue nylahin bbrp mmber snsd,bknkh sblumnya dia jg mngtkn hal ni kpd mmber & sm ent tntunya & mteka mlah mndkungnya,lalu kmp mreka skrg mlah mmpersulit sica dgn cara hrus mmlih, knp bukan dr awal sblum rncna & pndatganan kontrak bisnis blanc itu dlkukn?
    SM clalu bkin artisnya terbebani & mmbuat mreka tdk brkembang dgn cita2’a. dlu jyj lalu hangeng trus kris skrg jessica mgkin bsok bkal ada fx atau shinee ntah lah smg tdk ada korban artis lainnya, apaslhnya seorg artis mmbgun cita2’a diatas kepopulerannya sdkit bukankh slama ni dia brjuang utk nm prusahaan jg,knp dia tdk mmberi ruang kpd artisnya utk mndirikan kariier & bisnisnya; bnar2 tdk adillllllll….
    q kecewa… mgkin q bs mninnggalkn snsd tp q tdk akn prnh bs mningggalkn jessica,dia sprti sesuatu yg brhrga dlm hdupku. sbg snsd atau tnpa snsd skalipun….
    smg dia ttap bhagia & clalu dilndungi tuhan. & dijauhkn dr org2 ug jhat. sdkit info thor ktnya tyler itu bukan sekaya yg media ktakan ada teman dkat tyler ktnya tyler hya ceo yg trkenal krn nm dibwah prushaan bisnis yg dijlnkn tp snnarnya dia itu mlah suka meminjam duit kpd teman2’a skita 1,1 mlyar utk bisnis yg dia lkukn tp tdk prnh nmpak keuntungan bisnis yg dilkuknnya…. smg jessica clalu dilndungi tuhan…amien

    1. iya, aku juga baru baca berita ttg kekayaan tyler bbrp hari abis bikin postingan ini. dan itu bikin aku jd makin kesel. dia kaya beneran aja aku msh ga rela ngeliat jessica sm dia, apalagi kalo emg ga sekaya yg dulu dibicarain org. mungkin itu juga alasan knp SM dan member SNSD lain sampe ngelarang Jessica sama si kwon ini.

  10. hallo maaf yah tapi saya mikir koq tulisan kamu ini cenderung subjektif, egois dan picik yah?
    tapi saya ngerti karena kamu fansnya jessica dan mengharapkan dia dapet yg terbaik hehe.
    tapi kita gak punya hak untuk ngejudge orang, yg berhak nentuin tyler baik atau enggak kan cuma tuhan 🙂
    eh aku juga pengen curcol yah saya juga dulu ngeship couple dan sampai sekarang pun masih, tapi mereka bukan artis kpop tapi hollywood mungkin perbedaannya mereka beneran in relationship (pacaran) sampai akhirnya 13 juli 2013 sicowo meninggal dan setaun kemudian sicewe punya pacar lagi dan yg lebih parahnya pacarnya yg sekarang itu mantan gigolo sesaat saya sempet benci banget sama si cewe tapi saya cuma fans dan gak berhak ngatur hidup dia. dan akhirnya pun saya mulai bisa menerima hubungan mereka karena walaupun si cewe udah punya pacar tapi dia gak pernah ngelupain pacarnya yg udah meninggal itu semua terbukti dengan sicewd yg masih sering posting photo dia sama pacarnya yg udah meninggal di instagram dan twitter.
    yah intinya saya cuma mau ngomong kalo saya yakin jessica tau yg terbaik untuk hidupnya dan dia berhak menentukan kebahagiannya sendiri 🙂

    1. halo juga. terima kasih atas komentarnya 🙂
      saya sudah berulang kali bilang di beberapa tulisan yg saya post di sini, kalau apa yg saya tulis mmg sifatnya selalu subjektif. saya terima kalau dibilang egois, dan saya juga sudah mengakui itu di beberapa postingan. saya cuma menuliskan apa yg saya rasakan di waktu tertentu, itu saja. dan waktu saya menulis ini, kesan seperti itulah yg saya dpt dr seorang tyler kwon. kalau ada yg setuju sm apa yg saya tulis, terserah. kalau tidak pun tidak apa2. semua org berhak punya pendapat dan menyuarakan pendapat mereka, kan?
      couple yg kamu maksud, lea michele sama cory monteith, bukan? seperti halnya lea, jessica jelas punya kebebasan menentukan dgn siapa dia menjalin hubungan. tp selalu ada saja fans yg setuju dgn apa yg dilakukan idolanya, ada juga yg tidak. ada yg akhirnya menerima, dan yg kekeuh menolak utk setuju. saya skrg sudah menerima apapun yg dia putuskan, tp waktu saya membuat tulisan ini, ceritanya berbeda.
      oia, haesica juga benar pernah pacaran kok, sama kayak couple yg dulu kamu dukung. bedanya yg satu diberitain bebas di media, satu lagi nggak 🙂

  11. Kudu sabar bias nya jess mah , huhuhu ak juga sedih pas pertama liat itu , nangis sana nangis sini rasa bya ancur bias di keluarun daru group yang membersarkan nya , udah dia trainee paling lama , masa remaja nya dipakai buat mengejar cita cita nya , dan skarang dia dikeluarun smrasa nya blim bisa move on sampe skrang sumpah

Leave a Reply

