Musik Korea identik dengan dance. Bahkan lagu yang tergolong tidak diiringi musik menghentak pun kadang tetap saja memiliki gerakan dancenya sendiri. Ini membuat kebanyakan lagu cenderung lebih menonjolkan gerakan dance itu di mv mereka. Selain murah dan tidak terlalu ribet, penyanyi juga diuntungkan karena tidak harus melakukan syuting outdoor yang jaminan privasinya lebih sedikit. Maka terkenallah kata in-the-box-mv, yaitu sebutan bagi musik video yang hanya memperlihatkan artisnya melakukan gerakan dance di dalam “kotak” dengan outfit yang diganti—biasanya ada tiga atau empat macam outfit berbeda yang digunakan.

Bosan? Saya pribadi merasa seperti itu. Apalagi artis-artis yang saya sukai bergabung di managemen yang terkenal pelit karena hampir semua mv artisnya dilakukan di dalam box.

Karena itu, di postingan ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi mv kpop yang not-in-the-box dan memiliki storyline yang bagus (menurut selera saya). Ada yang lucu, ada yang romantis, tapi kebanyakan memiliki cerita yang sedih.

Here they are… 

  • Zhang Li Yin – Timeless

MV ini dibagi menjadi dua bagian. Di bagian pertama, menceritakan bagaimana Siwon mendapat transplantasi jantung. Sejak itu, dia mulai sering mendapat penglihatan tentang seorang gadis yang sama sekali tidak pernah dia kenal sebelumnya dan seorang polisi yang terlibat adegan baku tembak dengan segerombolan perampok. Sampai satu malam, Siwon tanpa sadar mengendarai mobilnya ke tempat gadis itu bekerja. Di situlah dia akhirnya mengetahui apa hubungan antara gadis itu dan polisi yang biasa dilihatnya dalam kilasan memori yang belakangan diakrabinya.

Di bagian kedua, ada penjelasan lebih lengkap kenapa potongan-potongan memori itu bisa dilihatnya. Dan seolah itu belum cukup mengejutkan, penonton juga diberi satu twist lain di awal MV. Ya, ternyata Siwonlah sebenarnya perampok yang terlibat dalam adengan baku tembak yang diperlihatkan di part sebelumnya. Uang hasil rampokan itu dia pakai untuk membangun sebuah usaha yang akhirnya sukses hingga menjadikan dia orang kaya. Tapi tidak lama setelah itu, dia mengalami serangan jantung dan butuh transplantasi segera. Di sisi lain, diceritakan bahwa dari perampokan yang dulu dilakukannya, polisi yang menangani kasus itu tertembak dan mengalami koma hampir selama setahun. Karena tidak ada tanda kesembuhan, maka diputuskan bahwa dia akan dibiarkan pergi, dan jantungnya itulah yang akhirnya diberikan kepada Siwon.

Mirip drama Summer Scent, yes?

  • Zhang Li Yin – Agape

Another lovable song by Zhang Li Yin. Sukaaaa banget sama suaranya di lagu ini. Dan bukan cuma itu saja yang membuat lagu ini spesial. Ada Tao, magnae Exo-M, dan Victoria, leader f(x), yang berakting di MV lagu ini.

MV ini menceritakan tentang Tao yang menyukai Victoria karena wanita itu mirip dengan ibunya yang sudah meninggal. Ada adegan di mana Cina saat itu sedang dilanda gempa, dan ibu Tao menyelamatkannya dengan mengorbankan nyawanya sendiri. Adegan ini terinspirasi dari sebuah kisah nyata, dan itu menjadikan cerita di MV ini lebih berkesan dari seharusnya. Di akhir MV, akhirnya Victoria mengetahui alasan Tao selama ini menyukainya.

MV ini ada lanjutannya lho… Cuma menurut saya lanjutannya tidak begitu bagus. Kalau mau lhat, silakan cari MV lagu Zhang Li Yin yang judulnya Alone.

  • DB5K – Why Did I Fall in Love With You

SM Entertainment tidak sepelit itu kok. Buktinya beberapa lagu anak asuhnya ada yang dibuatkan MV yang mengharuskan pihak managemen membayar aktris/aktor untuk berakting. Yah biarpun lahirnya MV ini juga karena adanya campur tangan pihak managemen partner mereka di Jepang.

Ceritanya sebenarnya klise, tentang dua orang sahabat yang berkenalan saat kuliah. Keduanya saling suka, tapi karena sang pria terlalu pemalu dan sang gadis terlalu naif untuk bisa tahu bahwa pria itu sebenarnya menyukainya, akhirnya gadis itu menikah dengan pria lain. Sehari sebelum dia menikah, mereka bertemu di sebuah jembatan dan saling mengungkapkan perasaan masing-masing. Dan yang saya suka adalah bagaimana mereka membiarkan perasaan itu cukup terkatakan saja, tanpa ada adegan sang gadis membatalkan perniikahannya demi sang pria. Saya juga suka bagaimana sang pria tetap datang ke pernikahan gadis itu dan ikut menabur confetti bersama tamu lain saat gadis itu dan suaminya berjalan keluar dari pintu gereja. Mereka sempat bertukar pandang, yang bagi saya sudah cukup mewakili bagaimana perasaan mereka belum sepenuhnya hilang. Dan lagu DB5K ini menjadi backsound yang sangat pas untuk rangkaian adegan itu.

Ini sekaligus menjadi MV DB5K terfavorit saya.

  • BoA – Key of Heart

Why do I love this MV? Because Lee Donghae is in it. Too biased, huh?

MV ini bercerita tentang dua orang anak SMA yang saling menyukai. Mereka sering melewatkan waktu bersama di ruang musik, hingga suatu hari Donghae memberi BoA sebuah kalung couple berbentuk heart sebagai simbol cinta mereka. Waktu berlalu, BoA akhirnya menjadi penyanyi profesional. Di hari debutnya, Donghae berniat membuat kejutan dengan datang ke acara di mana BoA akan menyanyi. Tapi naas, dia malah mengalami kecelakaan, yang meski tidak mengambil nyawanya, tapi itu sudah sukses membuat dia dan BoA terpisah. Donghae terselamatkan berkat seorang ilmuan yang melakukan eksperimen padanya. Dia tetap bisa hidup, tapi penampilannya jadi seperti robot. Karena itu dia tidak punya keberanian untuk menemui BoA lagi. Meski begitu, da tetap mengikuti perkembangan karier BoA, hadir di setiap acara yang dibintanginya, dan merelakan BoA ketika dia akhirnya dekat dengan pria lain. Suatu ketika, BoA melakukan rehearshal untuk konsernya dan nyaris mengalami kecelakaan, di situlah Donghae muncul kembali di hadapan BoA setelah sekian lama. Mereka berdua akhirnya mendapati bahwa mereka belum saling melupakan. BoA masih memakai kalung yang dulu Donghae berikan padanya, sementara Donghae juga masih menggunakan liontin kalung itu dan digantung di kamera yang selalu dia pakai untuk memotret BoA.

Happy ending? Nope. Karena ketika akhirnya BoA menyadari kalau yang menyelamatkan dia sebenarnya adalah Donghae dan ingin mengejar pria itu lagi, dia terhalang oleh statusnya sebagai artis besar.

  • 2AM – You Wouldn’t Answer My Call

MV ini bercerita tentang seorang pria yang sedang bersedih karena baru saja ditinggal mati oleh kekasihnya. Saat dia sedang mengenang kembali kekasihnya itu, telponnya berbunyi, dan ketika diangkat, ternyata kekasihnyalah yang menelpon. Ada semacam perbedaan latar waktu di MV ini, seolah telepon itu adalah mesin waktu yang menghubungkan pria tersebut dengan kekasihnya sesaat sebelum meninggal. Sadar akan hal itu, sang pria berusaha menyelamatkan sang gadis dengan mendatangi tempat kejadian di mana gadis itu terbunuh. Dia juga memperingatkan gadis itu melalui telpon, demi menghindari adegan pembunuhan yang bisa merenggut nyawa gadis itu. Tapi takdir memang tidak bisa diubah. Pada akhirnya gadis itu tetap meninggal meski sang pria sudah melakukan segala cara untuk menyelamatkan kekasihnya.

  • K Will – Please Don’t

Hampir semua MV dari lagu K Will memiliki storyline yang menarik. Tapi menurut saya, MV lagu inilah yang paling bagus sejauh ini. Menonton MV ini pertama kali membuat saya merasakan perasaan yang sama saat membaca flasfiction dengan turning point keren di akhirnya.

Dari awal MV, kita sudah dibuat berpikir bahwa ini adalah cerita tentang seorang pria yang sakit hati karena sahabat yang dicintainya akan menikah dengan pria lain. Dan pemikiran itu seolah disangkal oleh adengan beberapa detik menjelang akhir MV, di mana akhirnya kita diberitahu bahwa pria itu memang sakit hati melihat sabahatnya akan menikah, tapi bukan karena dia mencintai sang gadis, melainkan karena dia menyukai calon suami sahabatnya itu. Yup, dia gay!

  • Gavy NJ – Sunflower

Bagaimana munngkin saya tidak menyukai lagu ini kalau di awal MV-nya saja kita sudah disajikan adegan seorang mempelai wanita yang kabur dari gedung pernikahan dan akhirnya pergi menemui kekasihnya di sebuah bar yang sudah tutup? Keduanya lalu minggat bersama ke sebuah kota kecil, melakukan hal-hal konyol berdua, dan akhirnya mengucapkan sumpah di tepi pantai dengan latar matahari terbenam yang sangat indah.

Saya sebenarnya tidak tahu apakah lagu Gavy NJ yang menjadikan adegan di MV ini menarik, atau malah sebaliknya. Saya menyukai cerita di MV ini, sekaligus jatuh cinta pada lirik lagu ini dan suara penyanyinya. Mereka seharusnya mendapat sorot lebih banyak dari media Korea, because hey, they’re talented.

  • 8eight – Goodbye My Love

MV ini lagi-lagi mengambil tema persahabatan dan cinta segitiga. Ada dua orang pria serta satu orang wanita yang bersahabat baik, dan wanita itu memacari salah satunya. Suatu waktu, mereka bertiga melakukan perjalanan ke pinggiran kota. Sang wanita bermesraan dengan kekasihnya, sementara pria yang satu lagi, yang memang hobi merekam, memilih mengabadikan moment itu dengan handy cam miliknya.

Sejujurnya, saya sakit hati melihat MV ini. Melihat bagaimana si pria ini mendambakan sang gadis tapi tetap bisa bersikap tenang setiap kali gadis itu bersama pria lain, melihat bagaimana gadis itu bisa tidak merasakan sama sekali siapa yang menatapnya dengan tatapan yang lebih memuja.

Ada adegan di mana mereka berada di tepi pantai dan sang gadis melemparkan setumpuk kartu ke udara. Dia mengambil satu kartu, dan berharap kekasihnya menemukan pasangan kartu yang diambilnya, mungkin itu bisa membuktikan bahwa mereka berjodoh. Dia tidak tahu kalau pria yanng selama ini dianggapnya sahabatlah yang menemukan pasangan kartu yang diambilnya.

Klimaks cerita MV ini adalah ketika si sahabat terlalu asyik mengabadikan senyum sang gadis lewat kameranya, hingga tidak sadar bahwa ada truk yang melaju kencang ke arahnya. Pria itu akhirnya meninggal. Dan setelah itu sang gadis sangat sedih. Dia menonton semua rekaman milik sahabatnya itu dan akhirnya tahu bahwa selama ini yanng dia rekam bukan gadis itu dan kekasihnya, tapi hanya gadis itu. Dia juga akhirnya tahu bahwa pria itu sebenarnya pernah berkali-kali ingin mengungkapkan cinta padanya lewat rekaman video, tapi tidak pernah terwujud.

  • Lee Seung Gi – Because We’re Friends

Yup, another story of a man who fall in love with his friend. MV ini bercerita tentang seorang pria yang menyukai sahabatnya, tapi terlalu takut menyatakan cinta karena takut itu akan merusak persahabaatan mereka selama ini Akhirnya pria itu hanya bisa mencinntai gadis itu dalam diam, melakukan semua hal yang bisa dilakukannya agar gadis itu tidak kesusahan. Adegan favorit saya adalah ketika gadis itu berjalan dan merasakan tasnya ringan, tanpa tahu kalau sahabatnya diam-diam selalu memegang tas itu dari belakang, agar sang gadis tidak merasakan tas yang dibawanya terlalu berat.

  • SM The Ballad – Miss You

MV ini dibuka oleh adegan bumi berguncang dan ada sesuatu yang jatuh dari langit. Seorang pria yang saat itu sedang bersiap untuk keluar, segera mengambil kameranya dan memotret bayangan putih di langit.

Setelah berbelanja kebutuhan sehari-hari, di perjalanan pulang, dia bertemu dengan seorang malaikat yang terluka setelah jatuh dari langit. Meski awalnya sempat terkejut melihat sayap putih malaikat itu, pria itu tetap menolongnya. Dia membawa malaikat itu kembali ke tempat tinggalnya dan mengobatinya. Mereka tinggal bersama selama beberapa lama setelah itu dan mulai saling menyukai. Suatu hari, dia kembali ke tempat tinggalnya, berharap sang malaikat cantik itu akan menunggunya. Tapi yang dia dapatkan adalah malaikat itu sedang diikat oleh mantra tak terlihat oleh dua orang pria berpakaian serba putih yang seperti menyiratkan bahwa mereka akan membawa gadis itu kembali ke langit. Melihat malaikat itu kesakitan, sang pria berani menolong. Tapi kekuatannya sebagai manusia tidak ada apa-apanya dibanding dua makhluk berpakaian putih di depannya. Tidak tahan melihat pria itu meraung kesakitan, akhirnya sang malaikat mengeluarkan semua kekuatannya yang membuat dua pria yang mengikatnya tadi menghilang. Yang kemudian terjadi adalah sang pria terbangun dengan keadaan hilang ingatan. Semua kenangannya bersama malaikat itu menghilang. Dia masih merasa familiar pada hal tertentu, tapi lupa apa itu. Saat dia meraih kameranya, barulah dia sadar apa yang sebenarnya telah terjadi dan itu membuatnya menangis.

  • 2NE1 – Go Away

Kalau soal urusan penggarapan video klip, YG entertainment memang tidak pernah tanggung-tanggung. MV yang menurut saya tergolong berbudget besar ini bercerita tentang CL yang diputuskan oleh kekasihnya karena wanita lain. Dia sudah berusaha melupakan pria itu namun tidak berhasil. Mereka sama-sama pembalap, dan ketika di satu uji coba CL mengalami kekalahan, dia menjadi sangat rapuh dan akhirnya mendatangi pria itu untuk memintanya kembali, tapi sang pria menolak dan malah memukuli serta menghujat CL. Merasa sakit hati, CL memutuskan untuk membalas dendam di arena balap. Dia sengaja menabrak mobil pria itu hingga mobilnya meledak dan pria itu meninggal.

  • Taeyang – Wedding Dress

Lagi-lagi cerita tentang pria yang jatuh cinta pada sahabatnya sendiri. MV ini dibuka oleh adegan di mana Taeyang berjalan menuju gereja dengan pakaian yang rapi. Di sisi lain, kita juga disuguhkan gambar pengantin wanita yang bersiap mengucap janji setia bersama kekasihnya. Ditambah adegan-adegan lain yang memperlihatkan kesan bahwa Taeyang dan wanita ini dekat, membuat kita sejenak berpikir bahwa ini adalah cerita tentang dua orang yang akan berbahagia dalam ikatan pernikahan, di mana Taeyang dengan pakaian rapinya adalah sang calon mempelai pria. Tapi di mana letak keindahan cerita  kalau ceritanya sesederhana itu? Di bagian akhir MV, kita diberitahu bahwa cinta Taeyang pada sahabatnya adalah cinta sepihak. Dia sudah pernah menyatakan rasa sukanya pada gadis itu, tapi tidak menerima balasan seperti yang diharapkannya. Namun begitu, Taeyang tetap datang dan menjadi penyanyi di acara pernikahan gadis itu.

  • Juniel – Illa Illa

Mv ini bercerita tentang seorang gadis pemilik toko bunga. Toko bunganya setiap hari didatangi oleh seorang pria yang selalu membeli bunga di tempatnya, dengan maksud untuk melihat gadis itu setiap hari. Suatu hari pria itu harus berangkat ke luar negeri untuk mellanjutkan kuliah, dan sebelum itu dia memutuskan untuk menemui gadis pemilik toko bunga dan membawa sketsa wajah gadis itu, yang dibuatnya sejak lama. Dia juga menyatakan  cinta pada gadis tersebut, tapi gadis itu hanya diam saja. Hal ini dianggap penolakan oleh sang pria. Sejak hari itu sang pria tak pernah lagi datang ke toko bunga. Di akhir cerita dijelaskan mengapa si gadis pemilik toko bunga tak menjawab pernyataan cinta si pria. Gadis itu ternyata tuli dan bisu. Di hari ketika pria itu menyatakan cintanya, sang gadis sudah berusaha membaca gerak bibir pria itu, tapi karena keterbatasannya, maka dia tidak bisa memberi jawaban apa-apa, meski sebenarnya dia juga menyukai pria itu.

  • JYJ – In Heaven

MV ini berkisah tentang seorang pria workaholic yang saking cintanya pada pekerjaan, sampai seolah tidak punnya waktu untuk bersama kekasihnya. Di suatu rapat, kekasihnya menelpon, tapi telpon itu tidak digubrisnya. Merasa putus asa, akhirnya kekasihnya itu memutuskan untuk bunuh diri dengan menabrakkan dirinya ke sebuah mobil yang sedang melaju kencang.

Setelah kematian kekasihnya, pria itu merasa hidupnya sangat hampa. Berulang kali pula dia mengalami mimpi buruk. Hingga suatu hari, dia terbangun dan mendapati kekasihnya berada di depannya. Semuanya seperti kembali seperti msa sebelum kekasihnya mengalami kecelakaan. Hal ini benar-benar dimanfaatkan oleh pria itu. Ia membahagiakan kekasihnya dengan berbagai cara, sesuatu yang dulu tidak sempat dilakukannya. Namun hal yang sama kembali berulang. Saat itu adalah hari di mana kekasihnya seharusnya meninggal. Dia sudah berusaha memperingatkan agar gadis itu tidak keluar rumah demi menghindari tabrakan yang akan merenggut nyawanya, tapi ternyata telpon gadis itu tertinggal. Merasa khawatir bahwa hal yang sama akan kembali berulang, kali ini pria itu memilih meninggalkan ruang rapat dan mencari di mana kekasihnya berada. Tapi kecelakaan itu tetap tidak terhidarkan. Saat akan menyebrang, sebuah mobil melaju menuju gadis itu dan nyaris menabraknya. Bedanya, kali ini pria itu ada untuk menyelamatkannya.

Bagian akhir MV ini adalah adegan di mana keduanya duduk berdampingan di kebun bunga matahari sambil menikmati matahari tenggelam, hal yang bisa membuat adanya penafsiran ganda, apakah pada kecelakaan itu dua-duanya selamat atau malah sebaliknya.

Cerita di MV ini memiliki kesamaan dengan MV Position – You Just Being in This World. Saya tidak tahu apakah pihak managemen JYJ mengetahui kemiripan ini, atau malah memang ini adalah remake dari cerita MV grup Position. Coba dibandingkan saja sendiri dan lihat kesamaan ceritanya.

  • SS501 – Solo Series

Satu kata untuk menggambarkan cerita di MV ini: COMPLICATED. Dengan durasi yang lebih dari 20 menit, ditambah kompleksnya konflik yang coba diangkat di MV ini, rasanya pembaca harus menengok sendiri MV lagu ini di youtube untuk benar-benar tahu bagaimana ceritanya. saya sendiri merasa MV sepanjang ini terlalu berlebihan, biarpun tetap tidak rugi juga kita menghabiskan waktu sepanjang itu untuk sebuah MV, mengingat pemeran dan cerita yang diangkat juga bukan hal biasa.

  • Sistar – Shady Girl

Bercerita tentang empat orang pramugari dengan kepribadian dan kisah cintanya masing-masing. Keempat pramugari ini mengencani orang yang sama, dan di sepanjang MV kita diperlihatkan bagaimana mereka menjalani kencan dengan kekasih mereka. Dan orang yang menjadi kekasih para member sistar di MV ini adalah the space big star, Kim Heechul. Itu seperti sebuah nilai jual tersendiri untuk MV ini. Di akhir cerita, kita tahu bahwa selama ini Heechul mengencani keempat wanita itu karena diminta oleh seorang geek yang juga mengontrol jalannya kencan Heechul melalui sebuah alat bantu.

  • Akdong Musician – 200%

MV ini lucu. Tentang kisah cinta anak SMA yang memendam rasa suka kepada seorang teman sekolahnya. Gadis itu berusaha mendekati pria tersebut dengan berbaagai cara, seperti mengikutinya ke manapun. Dan iya, YG memang ahlinya memanjakan fans dengan MV bagus. Yang satu inipun bukan pengecualian. Dari semua adegan itu, kita dibuat berpikir bahwa setelah berusaha cukup keras, san gadis akhirnya bisa menjalin hubungan romantis bersama pria yang disukainya. Lihat saja adegan mereka makan es krim, menari tidak karuan sambil menunggu bis, berjalan bersama di tepi pantai saat matahari akan tenggelam, dan adegan lain yang menyiratkan romansa remaja. Tapi di bagian akhir, dengan editing yang sangat saya sukai, kita diperlihatkan bahwa dugaan kita selama ini salah.

MV ini punya lanjutan, yaitu di lagu Give Love yang masih bercerita tentang upaya sang gadis mendapatkan perhatian dari pria yang disukainya itu.

  • T-Ara – Cry Cry

Berkisah tentang dunia pasca perang besar terjadi antar umat manusia, mmperlihatkan bumi yang tandus dengan sangat sedikit survival. Dan keseluuhan MV ini adalah tentang perjuangan sepasang kakak-beradik yang mencoba mempertahankan kebebasan mereka dari ancaman pihak-pihak yang ingin menguasai mereka.

Menonton MV ini seperti menonton sebuah trailer atau video OST sebuah film sci-fi berbudget mahal.

  • Sunny Hill – Pray

MV ini adalah cerita tentang seorang pria buruk rupa yang terkunci di bawah tanah. Seorang wanita cantik lalu datang membebaskannya dari ruang bawah tanah yang selama ini ia tinggali. Namun bukannya mendapat kebebasan, pria buruk rupa itu malah dijadikan objek penelitian. Meski tahu bahwa dirinya diselamatkan bukan karena wakita itu menyukainya, tetap tidak menghalangi perasaan suka tumbuh di hati pria itu. Hingga suatu hari ia memutuskan untuk kabur. Ketika dia sudah sampai di atap gedung tempatnya ditelitii selama ini, wanita itu membunyikan gelang kunci ditangannya, persis seperti awal mereka bertemu. Pria buruk rupa itu terdiam sampai si wanita menembakan senapan ke jantungnya. Sampai akhir hidupnya pria buruk rupa itu terus menatap wanita yang dicintainya.

  • Huh Gak – Hello

Ini adalah kisah mengenai cinta, pembalasan dendam, persahabatan, dan penghianatan.

Ada dua orang pria yang bersahabat dan berencana melakukan pembalasan dendam terhadap sebuah geng mafia di tempat mereka. Saat menyusun rencana, mereka melihat ada seorang gadis yang ingin bunuh diri, dan segera berusaha menyelamatkan gadis itu. Gadis itu kemudian menjalin cinta dengan saah satu pria itu, membuatnya lupa pada niatnya membalas dendam. Karena sahabatnya sudah tidak sabar ingin segera menuntaskan rencana mereka, akhirnya dia melakukannya sendiri. Sementara dia dipukuli, sahabatnya malah asyik bermesraan dengan wanita yang mereka selamatkan.

Cerita di MV ini juga ada sequelnya, yaitu di lagu Huh Gak yang berjudul I Told You I Wanna Die.

  • U Kiss – 0330

Cerita di MV ini agak singkat, karena durasi lagu yang sekitar 3 menit harus terbagi antara cerita dan adegan dance para member. Dikisahkan Dongho dengan kekasihnya yang dia kenal saat hujan serta romantisme yang mereka jalin, mulai dari makan di kafe, bermain priano bersama, sampai telpon-telponan sambil tertawa bahagia. Di sisi berbeda, member U Kiss lainnya memandang Dongho bukan dengan ekspresi seolah mereka ikut senang, malah sebaliknya. Menjelang akhir, kita diberi tahu bahwa ekspresi member lain itu adalah wujud prihatin akan kondisi Dongho. Gadis yang menjadi kekasihnya selama ini sudah meninggal, dan semua yang dikirnya dia lakukann berdua dengan gadis itu sebearnya dia lakukan sendiri.

  • GD-Top – Baby Good Night

Ini adalah MV lagu Korea yang paling sensual dan elegan menurut saya. Bukan karena ada adegan 19+ seperti yang banyak ditemukan di kebanyakan MV yang beredar belakangan ini, melainkan karena video ini mempertunjukkan banyak simbol-simbol keseksian tanpa adanya adegan tidak pantas.

Ada adegan dua orang womanizer yang membawa wanita ke tempat tinggal mereka, sang wanita mandi di dalam bathtub bertabur bunga mawar, GD yang membacakan cerita unntuk seorang wanita samapi wanita itu tertidur di pangkuannya, TOP yang menuang minuman beralkohol dan menjatuhkan sebuah pil ke dalam gelas minuman itu lalu menikmatinya dengan wanita yang dia bawa pulang tadi. Belum lagi saat dia menggigit stawberry dengan pose yang sangat menggoda, GD yang memegang buah cherry, serta adegan membelah buah pome. Apa yang bisa dipikirkan orang dari adegan itu, apalagi ditambah adegan wanita itu tidur di kamar dengan tubuh yang hanya berbalut selimut dan ada ular yang menggerayangi tubuhnya? (kalian harus googling arti buah pome, straberry, dan cherry, serta ular untuk tahu kenapa saya bilang ini adalah sebuah “simbol”)

Tapi seperti yang sudah saya bilang, ini adalah MV yang sensual dan elegan. Kalian tidak akan mendapatkan adegan you-know-what-I-mean di MV ini. Kita hanya dibuat menduga, karena pada akhirnya yang terjadi adalah dua pria itu lebih memilih untuk tidur berdua di sofa di ruang tamu.

  • FT Island – Severely

Sepertinya orang Korea sana sangat menyukai kisah cinta yang dibubuhi cerita perjalanan waktu. Di list pendek ini saja setidaknya sudah ada tiga MV yang menggunakan cerita serupa. Tapi kesamaan ide belum tentu berarti kesamaan jalan cerita, kan?

MV ini bercerita tentang Hongki yang sedang duduk di sebuah bangku gereja sambil memandangi foto kekasihnya yang baru saja meninggal. Dia menangis di depan foto itu sambil memegang sebuah jam saku, tanpa sadar bahwa jam saku itu memiliki kekuatan yang membawanya ke masa lalu. Ketika dia keluar dari gereja itu, dia bertabrakan dengan seorang gadis yang ternyata adalah kekasihnya yang sudah meninggal. Dia kemudian menyadari kalau dia telah kembali ke masa ketika mereka belum saling mengenal. Dan Hongki memulai semuanya dari awal lagi. Dia mendekati gadis itu dan membuatnya jatuh cinta lagi kepadanya. Dan karena  dia datang dari masa depan, Hongki punya sedikit keuntungan. Dia tahu apa yang akan terjadi pada waktu tertentu, dan itu seperti sebuah magic yang menyenangkan bagi gadis itu. Lihat saja adegan di mana dia membawa payung di saat hari sedang cerah, lalu sang gadis bertanya kenapa dia membawa payung, dan tak lama kemudian hujan benar-benar turun. Tapi seperti yang sudah saya bilang juga di atas, mengubah takdir itu tidak gampang, bahkan di dalam MV sekalipun. Itu juga berlaku di sini. Kecelakaan yang semestinya menewaskan kekasihnya tetap tidak terhindarkan. Hanya saja, kali ini ada Hongki yang menolong gadis itu. Pada akhirnya, justru Hongkilah yang meninggal, menyisakan satu adegan di akhir, di mana sang gadis berada di gereja yang sama dan menggenggam jam saku yang sama sambil menangisi foto Hongki.

  • Lee Seung Chul – My Love

Buat yang joomblo, apalagi yang jomblonya sudah masuk kategori ngenes, saya sarankan lebih baik tidak usah menonton mv ini. Jaga-jaga aja, siapa tahu mendadak pengen nikah abis nonton.

MV ini bercerita tentang persiapan dan pelaksanaan lamaran seorang pria kepada kekasihnya. Dan ibarat cerita di film-film romantis, semua tahapan yang ditempuh pria itu mulai dari mempersiapkan dekorasi dan geladi resik, sampai pelaksanaan acara lamaran terlalu manis untuk bisa benar-benar terjadi di dunia nyata.

.

.

.

Itulah beberapa Mv Kpop yang menurut saya memiliki jalan cerita yang menarik. Mohon maaf karena tidak bisa menyertakan linknya di postingan ini, saya terlalu malas membuka tab youtube dan wordpress bergantian *dikeplak rame-rame sama yang baca*

List ini saya susun bukan berdasarkan tahun rilis atau tingkat kesukaan saya terhadap ceritanya, hanya berdasar pada MV apa yang saya ingat lebih dulu. Ada pembaca yang mau menambahkan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s