[Last Update: 1 Desember 2015]

Saya sudah pernah bilang kan, kalo selain Super Junior, serigala-serigala unyu dari Exo planet sekarang sedang menjajah hati saya, sampe bikin saya overdose. Nah, kali ini saya akan mencoba menuliskan beberapa rekomendasi fanfiction dengan cast utama para member Exo.

Let’s check it out!

Main Cast: Exo-K dan Exo-M

Trailernya bisa dilihat di sini.

Mungkin sebagian besar pembaca ff yang juga menyukai exo sudah pernah membaca (atau setidaknya mendengar) ff dengan judul seperti ini. Buatan fangirl dari China yang karena sangat diminati, sampai dialihbahasakan ke beberapa bahasa. Garis besar ceritanya menurut saya ada kemiripan dengan film horror-thriller Cabin in the Woods. Tapi terlepas dari itu semua, ff ini keren.

Main Cast: D.O, Kim Jongin

Dikisahkan D.O yang diterima untuk bekerja sebagai pelayan di sebuah rumah besar yang letaknya jauh dari keramaian kota. Sekilas, tidak ada yang aneh dengan tempat itu. Tapi semakin lama berada di sana, D.O menyadari bahwa ada keanehan yang diderita ketujuh pemilik rumah itu; Jongin, Yifan, Luhan, Xiumin, Chanyeol, Joonmyeon, dan Sehun.

Cerita ini menurut saya menarik karena penulisnya memberi gambaran tentang karakter setiap pemilik rumah dengan melambangkan mereka sebagai sebuah bunga dan merangkaikan unsur bunga-bungaan itu dengan Seven Dead Sins kemudian membalutnya dengan isu penyimpangan seksual, kekerasan, depresi, dan semua hal yang menyiratkan kesan gelap. Ditambah bahasa yang nyastra banget, rasanya tidak sia-sia saya melewatkan waktu berjam-jam untuk menuntaskan cerita yang dijamin akan memikat pembacanya sejak bab awal ini.

Saya bukan penikmat cerita yaoi, tapi sungguh, saya menikmati bagaimana unsur itu membangun kesan “rusak” para karakter utama di cerita ini.

Main Cast: Kris Wu, Jill Goo

Bercerita tentang Kris yang diam-diam menaruh hati pada seseorang yang tinggal di apartemen yang sama dengannya. Empat chapter yang merangkai plot utama cerita ini (ditambah 2 extra chapternya) benar-benar membuat hati saya berbunga-bunga. Pertama karena pada dasarnya kisah kedua tokoh utamanya memang menarik, kedua karena cara penceritaan authornya yang seperti membasuh dahaga saya akan fanfiction berkosakata cerdas dan indah.

Boleh dibilang, ini adalah satu-satunya EXO fanfiction berbahasa Indonesia yang saya baca. Dan sungguh, rasanya tidak rugi telah mengorbankan jam tidur untuk membaca cerita yang unusually romantic ini. Ah, saya bahkan tidak bisa menulis banyak untuk mengungkapkan betapa saya mencintai ide cerita dan penuturannya yang elegan itu.

Main Cast: Kim Jongin, Yoon Bomi

Saya merasa harus memberikan standing applause kepada nicorobin untuk ff-nya yang satu ini. Tidak mudah membuat akhir cerita yang mengiris tapi tetap membuat pembaca melontarkan pujian seperti yang dilakukannya di cerita ini. Ditambah dengan gaya penceritaannya yang menurut saya sangat layak untuk disukai, rasanya tidak rugi menghabiskan waktu beberapa jam untuk membaca 14 chapter yang merangkai cerita ini. Genrenya sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan ff yang beredar; romance, school life, triangle love, childhood friend. Tapi sungguh, ingredient yang sama tidak serta merta menghasilkan masakan yang rasanya pasaran. Hal yang sama berlaku untuk ff ini.

Main Cast: Luhan, Kris Wu, OC

Ini ff exo yang paling saya suka, sekaligus paling saya benci jalan ceritanya. Kenapa saya suka? Jelas karena ide ceritanya menarik: seorang gadis buta yang jatuh cinta kepada seorang pria tuli. Bagaimana mereka bisa saling berkomunikasi dan menyatakan perasaan? Itulah yang menjadikan cerita ini menarik. Ditambah lagi dengan cara penceritaan yang menurut saya pasti disukai banyak fangirl, ff ini sangat layak baca.

Kenapa saya benci? Karena layaknya cerita cinta khas Korea kebanyakan, selalu ada yang namanya cinta segitiga. Dan saya punya kecenderungan untuk lebih menyukai karakter si-pria-yang-selalu-ada-di-dekat-sang-wanita-di-saat-terburuknya. Sebenarnya kedua tokoh pria di cerita ini punya karaakter seperti itu. Hanya saja, pengorbanan karakter Kris untuk sang gadis di cerita ini menurut saya jauh lebih besar. Kelebihan Luhan adalah karena dia datang lebih dulu di kehidupan gadis itu.

Main Cast: Luhan, OC

Kalau ada yang suka membaca sad-romance, maka ini adalah ff yang perlu dibaca. Selain karena cara penceritaan yang menarik dan diksi yanng memikat, author-nya juga sukses membuat ff ini tidak seperti cerita sad-romance kebanyakan dengan membuat karakter tokoh utama pria menjadi sangat kompleks. Di satu sisi, dia adalah pria yang periang dan sembrono. Tapi jika sudah menyangkut gadis yang dia sukai (yang sepanjang cerita tidak disebutkan namanya), Luhan bisa menjadi sosok yang jauh berbeda. Lihat bagaimana cara Luhan menunjukkan perhatian dan cintanya kepada si gadis, bagaimana waktu tidak mengubah perasaannnya, dan bagaimana cintanya kepada gadis itu membuat dia berubah dari sosok bajingan yang hanya suka bersenang-senang, menjadi pria yang sangat peduli—tipikal karakter yang akan membuat banyak permbaca jatuh hati.

Main Cast: Kris Wu, OC

Dua orang yang awalnya saling benci kemudian dijodohkan untuk urusan bisnis dan akhirnya jatuh cinta, ditambah munculnya wanita dari masa lalu sang pria, adegan kecelakaan, hilang ingatan, dan konflik keluarga yang klise. Kurang sinteron apa lagi ff ini?

Lalu kenapa saya memasukkannya ke dalam list? Sebenarnya alasannya sangat sederhana: ini adalah ff yang membuat saya pertama kali menyukai karakter Kris Wu. Kris di dalam ff ini tidak seperti Kris yang saya temui di kebanyakan ff: seorang CEO muda-tampan yang suka tidur. Di ff ini, Kris jadi seorang anak berbakti, yang meski tidak menyukai pilihan orang tuanya, tapi tetap tidak membantah ketika diminta menikah dengan si tokoh utama wanita. Malah, dia sendiri yang berinisiatif untuk membuat gadis itu jatuh cinta kepadanya. Kurang sweet apa lagi si Mr. Galaxy ini? Selain itu, cara authornya bercerita juga menurut saya cukup bagus. Tidak ada dialog yang terkesan berlebihan, dan semua narasi diceritakan dengan porsi yanng pas, tidak to-the-point tapi tidak juga bertele-tele.

Main Cast: Kim Joonmyeon, OC

Dengan banyaknya ff exo yang dibuat belakangan ini, saya rasa wwajar jika saya merasa bosan mendapati cerita yang berkutat hampir di member yang sama: Kris, Luhan, Kai, Sehun. Yang lain sejauh ini sangat jarang saya dapati berada di dalam ff sebagai tokoh utama. Maka ketika saya mendapatkan cerita dengan tokoh utama seorang Kim Joonmyeon, saya langsung tertarik. Apalagi setelah membaca ceritanya yang romantis tapi masih dalam batasan wajar, tidak disajikan dalam kalimat yang terlalu membuai.

Main Cast: Kris Wu, Luhan, OC

Seperti sudah saya singgung di atas, cerita Korea itu tidak pernah terlepas dari yang namanya cinta segitiga. Karakternya juga tidak akan jauh dari seorang gadis yang jatuh cinta kepada pria yang tidak menyukainya, serta keberadaan pria lain yang selalu berusaha melindungi gadis itu sebisanya. Dari judul seharusnya sudah bisa ditebak bagaimana konflik di cerita ini akan terjadi. Tapi apakah akhir ceritanya juga sudah bisa ditebak oleh pembaca? Saya rasa tidak.

Main Cast: Kris Wu, Luhan, OC

Another Kris-Luhan-OC fanfiction. Sepertinya saya memang selalu berakhir pada cerita yang melibatkan 90 liners dari Exo ini.

Untuk ff yang satu ini, temanya adalah cerita cinta remaja. Cocok untuk bacaan anak sekolah, biarpun sebagai orang yang sudah hampir sepuluh tahun meninggalkan bangku sekolah, saya masih bisa menikmati serunya kisah cinta penuh kelucuan di cerita ini.

Main cast: Jessica Jung, Kris Wu, Kim Jongin, Krystal Jung

Krissica dan Kaistal. Apa lagi alasan saya untuk tidak meyukai ff ini? Keberadaan dua couple favorit saya sepertinya sudah cukup menjadi alasan saya rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca cerita ini.

Main Cast: Kris Wu, OC

(SPOILER!) Pernah tidak kalian membaca cerita yang membuat kalian berpikir, “Ah, nanti endingnya pasti seperti kebanyakan cerita klise di ff romance!” tapi kemudian di tengah-tengah cerita, authornya berhasil membuat kalian berpikir kalau dugaan kalian sama sekali salah, lalu di akhir cerita ke-klise-an itu ternyata benar-benar terjadi. Inilah yang saya rasakan saat membaca serial ini: tertipu!

Awalnya saya sudah sangat yakin bahwa si gadis itu punya hubungan masa lalu dengan karakter Kris, tapi beberapa konflik kemudian membuat saya berpikir ulang mengenai dugaan saya sebelumnya. Lalu di akhir, authornya menjawab semua keraguan saya dengan cara yang begitu kreatif.

Dari segi cerita, ff ini ada kemiripan dengan novel Fifty Shades of Gray karangan E.L. James, tapi minus adegan BDSM dan diberi konflik tambahan. So… yes, this is an M-rated fanfiction. Don’t open this if you’re under 18, Kids 😀

***

A/N: Saya tahu Kris dan Luhan sekarang sudah bukan member Exo lagi. Tapi biarkan saya tetap memasukkan namanya di sini, karena bagi saya, mereka selamanya adalah bagian tidak terpisahkan dari Exo.

One thought on “Exo Fanfiction: a Recommendation

Leave a Reply

