Well, saya memang bukan tipe fangirl yang produktif dalam hal penulisan fanfiksi. Saya juga bukan tipe penulis fanfiksi yang bisa menghasilkan karya yang panjang dan bisa mempublish tulisan secara teratur seperti banyak dilakukan fangirl lain di blog mereka.

Saya menulis ketika saya ingin menulis dan saya menyelesaikan tulisan saya ketika saya merasa harus menyelesaikannya.

Ada banyak draft tidak terselesaikan sejak 2 tahun lalu. Dan yah, entah kapan mereka bisa punya ending, saya juga bertanya-tanya.

Sekarang sedang masa libur kuliah. Dan saya berencana menulis sebuah fanfiksi. Ide cerita sudah ada, bab-nya pun sudah dibagi dan diberi judul untuk masing-masing bab sehingga boleh dikata jalan ceritanya sudah punya arah. Saya bahkan sudah meminta bantuan seorang dongsaeng untuk membuatkan poster dan akhirnya lahirlah poster ini:

Image

Yang kurang adalah mengembangkan ide menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca. Saya harus membangun moment-moment hingga konflik antara keempat tokoh di poster di atas bisa muncul dan menarik minat pembaca. Saya harus membayangkan adegan demi adegan untuk kemudian saya tuangkan ke baris-baris kalimat yang membentuk paragraf bermakna. Dan saya terlalu malas untuk itu.

Saya tidak tahu ke mana larinya passion itu? Passion yang 2011 lalu sangat akraab dengan saya sehingga di tahun itu ada cukup banyak tulisan yang bisa saya publish. Mungkin dia bersembunyi di balik rasa malas karena  blog tempat saya dulu sering mengirim karya sebagai freelancer sekarang sudah seolah mati (atau malah sulit ditembus). Mungkin juga passion itu menghilang di balik bayangan bias baru -bias yang tidak membangkitkan minat menulis saya seperti yang dilakukan bias saya yang lama.

Passion, eodigaseyo?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s