Postingan kali ini tidak akan jauh-jauh dari pembahasan mengenai Exo yang baru-baru ini comeback.

Saya mungkin termasuk fangirl yang bingung mau bersikap apa ketika akhirnya tahu bahwa untuk album kali ini, tidak akan ada K atau M. Mereka akan membuktikan bahwa mereka benar-benar satu, seperti apa yang selalu mereka ucapkan setiap kali tampil di acara televisi -we are one!

Exo membuktikan itu dengan tampil utuh sebagai boyband 12 member di (hampir) semua kegiatan yang mereka lakukan. Saya bukannya tidak suka melihat mereka bersama. Tapi semakin banyak anggota dalam satu grup, maka semakin sedikit part untuk masing-masing anggota, dan itu berarti semakin sedikit moment Kris muncul di depan kamera.

Tidak hanya sampai di situ. Sejak awal grup ini mempunyai dua leader, maka ketika mereka disatukan, otomatis salah satu harus mengalah. Dan saya hanya tidak bisa menerima kenyataan kalau bias sayalah yang harus menjadi orang yang mengalah itu. Saya tidak tahu bagaimana perasaan Kris, mungkin dia sendiri tidak bermasalah dengan ini. Tapi saya merasa kehilangan seorang duizhang. Setiap kali Suho memperkenalkan dirinya sebagai exo’s leader dan Kris hanya memperkenalkan diri sebagai bagian dari exo, saya merasa ada yang aneh. I mean, Kris is a leader too.

Hari ini, Exo memenangkan penghargaan pertama mereka untuk lagu wolf. Suho menjadi yang pertama kali mengucapkan ucapan terima kasih. Kemudian ketika tangis membuat dia sudah tidak bisa lagi berbicara dengan baik, mic dialihkan ke Chanyeol. Maksud saya, kenapa bukan ke leader yang satu lagi? Kris juga berdiri di depan saat itu, kenapa mic tidak diberikan kepada dia?

Kejadian seperti ini membuat saya lagi-lagi kecewa terhadap ketidaktegasan SM. Another mistreat to their artist. And whenever I think about this, I remember Hangeng. He was Chinese too, just like Kris. He was important part of his group too, just like Kris. He was act calm too, just like Kris. He was SM’s most talented artist too, just like Kris. And I don’t want to see Hangeng’s next version.

Maybe I just too sensitive about this. Maybe Suho has more right for accepting this honored title. Among all member, he’s the one with the longest trainee period, so maybe he deserves it more than Kris does. Maybe.

Advertisements

One thought on “Who’s the Leader?

  1. I think your last statement answer it all.
    apalagi mereka sedang di korea, tuan rumah mestinya lebih paham kultur masyarakat di sana. Mereka sering muncul di interiew sama reality show, kan akhir2 ini. Di situasi yang bikin mereka banyak ketemu orang dan banyak komunikasi gitu, aku pikir tepat lah kalau leader Koreayang mimpin mereka.
    Tapi kalau menurut tebakanku sih secara off-stage nya Kris tetep jadi leader juga, bantuin suho mengakomodasi tugas2 ke member mereka, secara Kris punya wibawa dan kepemimpinan yang bagus. Mungkin Kris semacam menteri dalam negerinya EXO gitu kali ya. Jadi mungkin leadernya dua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s