fanfiction

[Last Update: 1 Desember 2015]

Membaca fanfiksi masuk ke dalam daftar hobi saya setelah saya mulai menyukai musik Korea. Fanfiksi sendiri tentu saja tidak selalu identik dengan Kpop. Sebelumnya saya pernah membaca beberapa cerita yang memasang pemain sepak bola, aktor dan aktris terkenal Hollywood, tokoh komik, dan para penyanyi Eropa sebagai tokoh utama. Tapi yang paling menarik menurut saya adalah fanfiksi dengan idol Korea sebagai tokoh utamanya. Feel-nya lebih terasa, membayangkan adegannya pun lebih mudah.

Seperti umumnya fangirl, saya lebih suka membaca cerita yang dibumbui adegan romantis, meski romantisme bukan satu-satunya hal yang saya utamakan. Cara bercerita dan kalimat yang dipilih dalam menyampaikan ide juga menjadi bahan pertimbangan saya dalam menentukan apakah saya akan lanjut membaca cerita itu atau tidak.

Ini adalah beberapa fanfiksi yang menurut saya menarik untuk dibaca:

Pairing Utama: Lee Jinki – Kim Rumi

Penulis: Onmithee

Ini adalah ff berseri pertama yang membuat saya betah membacanya dari awal sampai akhir. Tema tentang cinta dan perjodohan sepertinya bukan hal yang asing di dunia fanfiction. Sering sekali saya mendapati cerita seorang gadis biasa yang dijodohkan dengan idol dan konflik yang diangkat di semua ff itu terasa terlalu biasa untuk saya. Di ff buatan Onmithee ini, ada sesuatu yang menurut saya berbeda. Konfliknya terasa lebih masuk akal dan tidak melulu mengangkat persoalan cinta yang kekanakan. Di cerita ini semua dikemas secara lebih dewasa dan manusiawi. Kedua tokoh utamanya pun menjadi saling mencintai bukan karena salah satu diantaranya ternyata sudah lama memendam rasa. They’re married, so being in love is a must.

Pairing Utama: Super Generation

Penulis: Pinboo

Bagi yang merasa Super Generation shipper, maka ini adalah cerita yang sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. Meski dibalut dengan sejumlah kisah cinta dari pasangan-pasangan yang ada, tapi genre utama cerita ini adalah thriller. Pembunuhan dengan cara yang terkadang sadis menjadi hal yang muncul hampir di setiap chapter.

Yang saya sukai adalah kreativitas penulisnya dalam “membunuh” tokoh dalam cerita ini. Penokohannya sendiri juga sangat sesuai dengan karakter asli para member SJ dan SNSD, sehingga tidak akan sulit bagi pembaca untuk membayangkan adegan yang dilakukan oleh setiap tokohnya.

Ending cerita ini adalah favorit saya. Perasaan kesal dan sedih bercampur menjadi satu ketika saya mendapati bahwa cerita yang saya tunggu dengan sabar chapter per chapter ternyata harus berakhir dengan sesuatu yang sama sekali di luar dugaan. Itu adalah hal yang bagi saya menarik, tapi mematahkan hati.

Pairing Utama: Kim Kibum – Park Minni

Penulis: Dini Atika

Membaca cerita ini membuat saya merasa sedang disuguhkan komik detektif tapi dalam bentuk fanfiksi. Jalan ceritanya rapi, penokohannya apik, dan trik yang dipakai dalam setiap adegan kejahatan (serta cara mengungkap kejahatan tersebut) juga sangat ilmiah.

Cerita ini awalnya dibuat sebagai sebuah cerita bersambung yang tokohnya pure-fiksi. Ketika cerita ini diubah ke dalam bentuk fanfiksi, ada sejumlah ketidakcocokan dalam penentuan marga, mesti hal ini sama sekali tidak mengubah esensi cerita.

Pairing Utama: Lee Hyukjae – Go Miho

Penulis: Beenim

Saya selalu mengagumi bagaimana Beenim menyajikan idenya dalam kalimat-kalimat yang sederhana tapi selalu indah dan punya kesan dalam.

Melalui cerita ini, kita bisa melihat lika-liku seorang wanita dalam mengejar mimpinya menjadi artis, serta segala hal yang menyertai usahanya. Pembubuhan karakter pada tokoh Miho saya anggap sangat kuat. Intrik dan konflik disajikan dengan rapi dan dalam momentum yang tepat.

Di antara semua penulis fanfiksi yang karyanya pernah saya baca, Beenim adalah satu dari sedikit penulis yang bisa menggambarkan adengan dewasa dengan bahasa yang halus dan tidak menjijikkan. Dalam ff ini pun keterampilan itu ditunjukkan pada satu chapter.

Pairing Utama: Lee Donghae – Lee Haejin

Penulis: Nisya

Bagaimana rasanya menjadi seorang yatim piatu karena ditinggalkan oleh ayah sendiri saat masih kecil dan ibumu juga sudah meninggal? Bagaimana rasanya mengalami sakit hati karena diputuskan pacar yang sangat kamu cintai? Dan bagaimana rasanya jika kemudian datang pria lain yang menawarkan diri untuk mengobati lukamu? Itu semua yang dialami tokoh utama wanita dalam cerita ini.

Ini adalah cerita di mana Donghae dipasangkan dengan member girlband, tapi bukan girlband nyata seperti pairing artis yang banyak beredar. Saya sangat menyukai kemampuan penulisnya dalam merangkai unsur-unsur keartisan fiksinya dan menyatukannya dengan moment yang benar-benar terjadi.

Sayang sekali karena sepertinya cerita ini hanya akan berakhir di chapter 19. Sejak 2011 lalu saya sudah menunggu penulisnya membuat setidaknya satu chapter penutup, tapi yang saya tunggu tidak kunjung ada. Biarpun begitu, cerita ini tetap saya anggap layak diacungi jempol.

  • 2060

Pairing Utama: Cho Kyuhyun – Han Hyena

Penulis: Yuli Pritania

Untuk yang menyukai cerita fiksi dengan kata-kata membuai, maka 2060 adalah sebuah karya yang harus dibaca.

Sepertinya saya tidak usah berpanjang lebar menjelaskan isi ff ini. Pertama, karena ff ini sudah sangat terkenal di dunia pecinta fanfiksi Indonesia, sehingga saya yakin sangat sedikit orang yang tidak pernah membaca -atau setidaknya mendengar- tentang ff ini. Kedua, blog tempat ff ini dipublish sudah diproteksi oleh pemiliknya atas pertimbangan tertentu, sehingga untuk membaca kisah ini, kita harus menyisihkan uang lebih untuk membeli bukunya.

Pairing Utama: Lee Donghae – Cho Gaeul

Penulis: Donghaegaeul

Kadang kita tidak perlu cerita yang disuguhkan dengan kalimat seindah karya sastra populer dan dengan konflik rumit seperti sinetron. Sesuatu yang sederhana dan apa adanya seperti kisah Gaeul di cerita ini adalah contohnya.

Saya sangat menyukai pendeskripsian seorang Lee Donghae di cerita ini. Mungkin karena dikarang oleh elfishy yang sangat mengenal idolanya, makanya dia bisa membuat karya dengan tokoh utama pria yang kepribadiannya terasa sangat nyata bagi saya.

Tahu kan sama Lauren, Dayoung, dan Leo; tiga anak kecil kepalang lucu yang menjadi anak asuh member MBLAQ di acara Hello Baby? Mereka bertiga ternyata ada fanfictionnya juga lho… Dan ini menarik! Jarang-jarang ada fanfiction yang menuturkan kisah dari sudut pandang anak kecil yang masih penuh dengan keluguan. Cerita mereka dikemas ringan dan menghibur. Ditambah keberadaan idol yang bertabur sebagai support cast yang melengkapi cerita mereka, rasanya sayang jika kisah ini dilewatkan begitu saja.

Pairing Utama: Kim Heechul – Han Yeosin

Penulis: Deson

Cerita ini mengangkat genre fantasi, sesuatu yang cukup jarang bisa disajikan dengan menarik mesti tidak sedikit penulis yang mengambil genre ini untuk tulisan yang dibuatnya.

Dalam cerita ini, kita diperlihatkan sisi lain dari seorang Kim Heechul. Pria yang lebih dikenal karena sifatnya yang unik dan suka seenaknya, dalam ff ini ditokohkan sebagai orang yang lebih bertanggung jawab dan penyayang -meski saya yakin kalau karakter asli Heenim tidak jauh beda dari apa yang dipaparkan di cerita ini.

Kata elf pada judul bukan mengacu pada penggemar grup Super Junior, tapi kepada elf yang sebenarnya. Karena sebuah ketidaksengajaan yang dilakukan Heechul, seorang peri tidak bisa kembali ke tempat asalnya. dari situlah serangkaian konflik dimulai. Ending cerita ini termasuk tipe yang saya suka. Penulisnya dengan sangat kreatif menyajikan akhir yang bahagia dengan cara yang tidak umum.

Pairing Utama: Kim Jejoong – Im Jinah (Nana After School)

Penulis: -heartfelt

Dari judulnya saja sudah kebayang kan cerita ini tentang apa?

Ini adalah salah satu ff paling “sakit” yang pernah saya temukan di dunia per-ff-an. Bercerita tentang Kim Jaejong, seorang mantan detektif yang kembali dipanggil untuk menangani sebuah kasus bunuh diri sadis, yang kemudian membawanya ke kasus-kasus bunuh diri lain.

Cerita ini adalah tipe yang akan membuat pembacanya akan terkaget-kaget dengan sejumlah plot twist yang ada. Beberapa kali saya harus mengulang bagian tertentu, karena terkadang saya melewatkan peunjuk-petunjuk penting yang tersebar dalam narasi dan deskripsi yang ada, padahal itu merupakan jembatan untuk bisa lebih memahami peristiwa yang terjadi. Dan karena ini adalah cerita bertema gelap, maka jangan heran jika ada banyak adegan berdarah di dalamnya. Bukan tipe cerita yang saya rekomendasikan untuk mereka yang suka cerita romance, karena tidak akan ada moment romantis yang menghanyutkan perasaan di sini.

Pairing Utama: SMTown Artists

Masih cerita tentang kematian. Berbeda dengan Suicide Circle, cerita ini sedikit lebih bersahabat dengan jiwa kebanyakan fangirl. Garis bawahi kata sedikit.

Genrenya adalah perpaduan antara crime, mystery, horror, paranormal, suspense, friendship, dan diberi sedikit bumbu romance. Bercerita tentang sebuah biro penyelidikan yang menangani kasus-kasus kematian yang ganjil. Biro ini terdiri dari para anggota SMTown (Sooyoung sebagai tokoh utama dan di dalam cerita akan dipasangkan dengan beberapa pria). Masing-masing anggota dalam biro ini mempunyai keahlian yang nantinya mereka akan saling berhubungan dalam penyelesaian satu kasus. Setiap kasus akan diceritakan dalam 5 chapter, jadi ya, dalam cerita ini akan ada lebih dari satu kasus minor yang saling terjalin untuk membentuk konflik utama.

.

.

.

Saya bukan tipe pembaca yang mudah menyukai banyak karya dari satu penulis. Alasannya sebenarnya sederhana, satu penulis cenderung punya pairing dan alur cerita favoritnya masing-masing, sehingga setelah membaca satu karya, saya akan merasa bisa menebak garis besar cerita lain yang dibuat penulis itu. Nama-nama yang saya sebut di atas tentu saja mempunyai karya lain yang bisa dinikmati. Tapi karena ini adalah list yang sifatnya subjektif, maka yang bisa saya rekomendasikan hanya yang saya tuliskan di atas.

Baca juga rekomendasi FF lain di EXO Fanfiction: a Recommendation

Leave a Reply

