Moment romantis pastinya merupakan hal yang diinginkan semua orang. Bahkan yang mengklaim dirinya tidak suka hal romantis sekalipun, suatu saat pasti akan menemukan seseorang yang membuat dia melted dan mulai berpikir kalau romantis tidaklah seburuk yang selama ini dia kira.

Lagu merupakan salah satu media yang tepat untuk membangun suasana itu. Dan berhubung blog ini dibuat untuk kepentingan fangirling, jadi saya akan mencoba merekomendasikan 25 lagu yang saya anggap romantis sesuai dengan bidang fangirling saya 😀

most-romantic-valentines-da

  • SUPER JUNIOR – BONAMANA (MIINA)

Siapa bilang kesan romantis cuma bisa tersampaikan dengan baik melalui lagu ballad? Buat saya, lagu ini adalah pengecualian.

Dari segi irama, lagu ini jelas menghentak dan sangat memungkinkan penonton ikut berteriak dan meloncat jika dinyanyikan saat konser. Tapi coba perhatikan liriknya yang sedikit ‘nakal’. Dari awal hingga akhir, lagu berisi pengakuan seorang pria tentang betapa dia tergila-gila pada seorang gadis (cantik) dan bagaimana dia menginginkan gadis itu untuk jadi miliknya.

  • SUPER JUNIOR – NO OTHER

Dari judul saja sudah bisa ditebak lagu ini bercerita tentang apa. Sebenarnya kalau dipikir lagi, liriknya terlalu gombal.

There’s no one like you, even if I look around it’s just like that, where else to look for?

Biarpun yang menyanyikan part itu bukan Lee Donghae, tapi menurut saya lirik itu se-cheesy pick up lines yang selalu diucapkan Donghae setiap kali ada kesempatan.
Tapi perempuan mana sih yang tidak suka digombal? For all man who (maybe) read this post, I tell you something secret about woman. Bahkan jika perempuan itu tahu ucapan kamu sepenuhnya omong kosong, kalau dia benar-benar suka sama kamu, dia pasti akan tetap merasa apa yang kamu ucapkan ke dia adalah sebuah hal yang manis. Believe me!

  • SUPER JUNIOR – MARRY U

Another Suju’s song. This list maybe too biased –based on fact that I’m their fangirl, but I do have a good reason why I include this song.

Sepertinya tanpa bicara banyak orang-orang juga sudah tahu lagu ini tentang apa. Pernyataan cinta, pengharapan seorang (atau mungkin dalam kasus ini 13 orang) pria untuk membawa seorang gadis menuju pelaminan bersamanya. Liriknya sederhana, tapi lirik sederhana ini berhasil membuat banyak orang menangis saat dinyanyikan pada setiap konser.

  • IU FEAT SEULONG – NAGGING

Manisnya pacaran itu bukan cuma karena sayang-sayangan terus sepanjang kesempatan. Pernah dengar kalau pertengkaran kecil adalah bumbu untuk sebuah hubungan? Hal itulah yang coba diangkat menjadi tema di lagu ini.

Isi liriknya sebenarnya sederhana, iramanya juga ringan. Tapi dari semua kesederhanaan itulah tercipta kesan yang sangat manis. Cara IU dan Seulong membawakan lagu ini di tiap acara musik terlihat sangat natural, membuat kesan yang hanya saya peroleh dari mendengar lagu, jadi bertambah karena penampilan panggung mereka.

  • HUH GAK – HAPPY ME

Saya mendengar lagu ini pertama kali saat menonton acara WGM Adam Couple, tapi baru sadar kalau lagu ini romantis saat mendengar Seo In Young menyanyikannya di sebuah acara musik. Belakangan, Huh Gak me-recycle lagu ini dan membuatnya terdengar lebih baru. Siapapun yang menyanyikan, intinya lagu ini punya kesan romantis yang sangat dalam.

Lagu ini sebenarnya cocok untuk pasangan suami-istri. Isinya bercerita tentang bagaimana seseorang yang pernah mengalami serangkaian putus cinta kemudian menemukan seseorang yang dia yakini bisa menemaninya melewati hidup. Kepada orang itu, dia menyandarkan hidupnya, menggantungkan harapannya untuk memperoleh kebahagiaan. So touchy, I guess.

  • WONDER GIRLS – THIS TIME

Isi lagu ini juga hampir mirip dengan lagu di atas. Bedanya, lagi ini lebih menekankan pada permintaan bahwa si gadis tidak ingin pria yang disukainya itu berubah. Apa yang mereka miliki saat itu sudah lebih dari cukup untuk membahagiakan si gadis. Just stay like what they are. Lagi-lagi sebuah permintaan sederhana yang terdengar manis.

  • SNSD – HOW GREAT IS YOUR LOVE

Yang saya bayangkan saat mendengar lagu ini adalah suasana musim semi ketika bunga-bunga mulai bermekaran, ada dua orang yang saling menautkan jari dan berjalan melewati hamparan bunga. Imajinasi seperti ini sebenarnya tidak berlebihan, karena pada liriknya memang inilah yang disebutkan.

Ada beberapa hal romantis lain yang diungkapkan di lagu ini. Hal-hal yang mungkin dianggap sepele tapi bisa jadi sangat memorable kalau dialami bersama orang yang benar-benar disukai. Memandang bintang di malam hari, misalnya.

Lagu ini juga punya judul lain: spring love. Judul kedua ini menurut saya lebih cocok karena benar-benar menggambarkan suasana dalam lagu ini. Tapi yang beredar secara internasional adalah judul yang pertama.

  • SNSD – COMPLETE

Satu lagi lagu ballad SNSD yang berhasil mencuri hati saya.  Isinya tidak jauh-jauh dari romantisme sederhana yang dampaknya belum tentu sederhana. Ketika kamu bangun di pagi hari dan menemukan seseorang yang kamu sayang tersenyum manis untuk memberimu semangat, tidakkah itu bisa membuat duniamu terasa lebih sempurna?

  • YONGHWA CN BLUE FEAT SEOHYUN SNSD – BANMAL SONG

Lagu ini bukan tipe lagu yang bisa membuat saya langsung suka saat pertama kali mendengarnya. Bahkan setelah WGM Yongseo berakhir pun, saya tetap tidak tertarik dengan lagu ini. Tapi pas melihat perform mereka di Niigata 2011 lalu, kesan romantis lagu ini tiba-tiba muncul, semua dari cara Yonghwa memandang Seohyun. Dan ternyata, lirik lagu ini juga romantis sekali.

  • CN BLUE – LOVE LIGHT

Seriusly, WGM Yongseo punya pengaruh besar terhadap alasan saya menyukai lagu ini. Ini adalah lagu yang dinyanyikan Seohyun di episode mereka memancing cinta bersama, episode paling romantis sepanjang sejarah saya menonton acara perjodohan ala MBC ini. Di situ juga Yonghwa bilang, lagu ini sebenarnya dibuat jauh sebelum dia mengikuti WGM dengan Seohyun, tp saat menulis liriknya, dia memikirkan Seohyun. Jadi jangan heran kalau di lagu ini ada bagian rap yang liriknya sedikit mirip dengan lagu Genie-nya SNSD. Kalau tentang isi lagunya, tidak usah dijelaskan juga pasti sudah tahu intinya tentang apa.

  • BROWN EYED SOUL – NOTHING BETTER

Kalau lagu ini jadi favorit karena pernah dinyanyikan Seulong di sebuah konser. Karena saya seorang penggemar 2AM, jadi apapun yang dinyanyikan oleh mereka akan selalu punya nilai tambah tersendiri.

Nothing better than you.

Yes, this is another cheesy lyric. But this kind of cheesy is lovely.

  • AFTER SCHOOL – WHEN I FALL

Apa yang terjadi ketika seorang gadis jatuh cinta? Semua akan dijawab di lagu ini. Kalau dengar lagu ini, rasanya seperti remaja yang jatuh cinta untuk pertama kali. Semua serba berbunga-bunga. Ada satu baris lirik favorit saya di lagu ini: please accept my heart. Jadi ingat iklan pocari sweat ._.

  • YOSEOB BEAST FEAT  GAYOON 4 MINUTES – THINGS I WANT TO DO ONCE I HAVE A LOVER

Sesuai judulnya, lagu ini bercerita tentang hal-hal yang ingin dilakukan seseorang jika dia memiliki kekasih. Not recommended for those who’re completely alone, karena kalau dilihat dari liriknya, lagu ini cocok untuk mereka yang tinggal butuh prosesi resmi untuk disebut pacaran.

Lagu ini dinyanyikan pertama kali oleh G. Na dan Rain. Kemudian setelah itu ada sejumlah penyanyi yang berduet untuk membawakannya, tapi favorit saya adalah versi Yoseob dan Gayoon. Kesan romantisnya lebih terasa.

  • SISTAR – LOVING YOU

Pernah dengar istilah summer love? Entah kenapa di luar negeri sana musim panas sering sekali diidentikkan dengan moment jatuh cinta. Dan lagu ini adalah satu dari sekian lagu yang dirilis saat memasuki musim panas 2012 lalu.

Konten lagunya hampir sama  dengan lagu cinta kebanyakan: apa yang dirasakan seseorang yang sedang jatuh cinta. Yang membuat lagu ini menarik adalah penyajian suasana romantis yang jauh dari kata mellow. Romantic isn’t always about melodrama, right? Dan kesan itu terlihat jelas saat saya menonton WGM Sunhee couple, saat Kwanghee dan Sunhwa menyanyikan lagu ini di depan pasangan lain dengan gaya mereka sendiri. Saya menyebut moment itu dengan sebutan cute-romantic.

  • HYORIN SISTAR – I CHOOSE TO LOVE YOU

Berhubung sekarang zaman sudah canggih, paham feminisme merebak di mana-mana, emansipasi diagung-agungkan, jadi sudah tidak tabu lagi kan kalau perempuan menyatakan cinta tanpa harus disertai rasa malu? Itulah yang digambarkan di lagu ini.

I can arouse your curiosity by saying difficult words. I can spend this night with that common game. But I want you to know my heart now. I will love you more than anyone in this world

  • 2AM – THIS SONG

Lagu ini pernah bikin saya nangis lho. Bukan apa-apa, tapi membayangkan hal yang dialami dua orang dalam lirik lagu ini menggugah jiwa paling sensitif saya.

Bagian awal lagu adalah tentang pengetahuan si pria tentang apa yang diinginkan gadisnya–hal wajar yang tentu saja diinginkan semua wanita seperti perhiasan dan hal indah lain. Tapi di bait setelah itu,  ada semacam antiklimaks yang dihadirkan dengan kalimat this hand that I put inside my pocket grabs nothing.

Mungkin sebagian orang akan menganggap ini lagu pria gak modal, but please try to look this case by that man’s point of view. Iya, ini egois, apalagi karena di lirik setelahnya disampaikan keinginan pria itu agar si gadis tetap bertahan di sampingnya.

I only have this song. I really have nothing but this voice
I don’t know if this will make you laugh
But I still sing. I hope you accept it

If one day I find Seulong sing this song in front of me, I won”t hesitate to say yes! 😀

  • 2AM – CAN’T LET YOU GO EVEN IF I DIE

Ini adalah lagu yang melambungkan nama 2AM. Dengan kata lain, lagunya dinilai bagus dong? Ditambah dengan fakta bahwa mereka adalah grup ballad, lagunya tidak akan jauh dari hal-hal romantis (yang sedikit menyayat), kan?

  • KIM JAEJONG – I’LL PROTECT YOU

Cinta yang egois, posesif, dan entah apa yang harus saya katakan untuk mendeskripsikan lagu ini. Tapi kalau saya diminta menambahkan satu kata lagi untuk melengkapi pendeskripsian lagunya, maka saya pasti akan memakai kata romantis.

I want to protect you… even your bad habits make me smile when I’m tired

Kadang saya jadi bertanya sendiri, bisakah kepribadian buruk kita membuat orang lain tersenyum? Iya, mungkin kalau orang itu betul menyukaimu, segala sesuatu tentangmu akan menjadi hal yang menyenangkan buatnya. So, please, Jaejong. I allow you to protect me 😀

  • LEE SEUNG CHUL – THAT PERSON

Kebalikan dari lagu This Song milik 2AM, lagu ini justru contoh cinta yang tidak egois. Ada seseorang yang sangat dia cintai, tapi karena cinta itulah dia merelakan orang itu pergi darinya. Ditinggalkan tentu saja bukan merupakan hal yang mudah. Si penyanyi mengungkapkan keterlukaannya di refrain lagu ini, and at the end, lirik menggugah ini muncul.

When our lives are over and we close our eyes,
Then remember me one time

Sesederhana itu. Dia hanya minta diingat. Bukan sepanjang waktu, hanya sekali.

  • LEE SEUNG GI – BECAUSE WE’RE FRIENDS

Sepertinya hal semacam ini sangat sering didapati di sekitar kita. Mungkin kita sendiri juga pernah mengalaminya. Jatuh cinta kepada sahabat sendiri, tapi perasaan itu dipendam karena khawatir sang sahabat tidak merasakan hal yang sama dengan kita. Mempertaruhkan persahabatan menjadi sesuatu yang dihindari.

Pada akhirnya, si penyanyi hanya bisa mencintai sahabatnya dengan cara yang dia pilih. Bagaimana caranya, silakan lihat video klipnya.

  • K. WILL – MY LOVE IS CRYING (OST. THE KING 2 HEARTS)

Sebenarnya hampir semua lagu yang dinyanyikan K Will selalu terasa romantis buat saya. Entah karena lagunya memang bagus atau karena dia yang menyanyikannya dengan sangat bagus sampai saya tidak pernah tidak menyukai lagu yang dia nyanyikan.

Yang menjadi nilai tambah dari lagu ini adalah statusnya sebagai soundtrack salah satu drama laris di Korea. Isi lagu ini sama persis dengan apa yang dialami Lee Jae Ha dan Kim Hang Ah di drama tersebut, sehingga pesan dari lagunya bisa tersampaikan lebih jelas.

  • GAVY NJ – SUNFLOWER

Pernah dengar dong filosofi bunga matahari? Bunga yang hanya bisa memandang ke arah matahari bergerak. Kalau dianalogikan dengan kehidupan cinta manusia, ini saya sebut sebagai lambang cinta buta.

Lagu ini juga mengangkat tema yang sama. Intinya sih tentang orang yang tidak bisa move on. Biarpun sudah ditinggalkan, dia memutuskan untuk tetap menunggu karena yakin bahwa orang yang sudah pergi itu pasti akan kembali kepadanya.

Agak tragis (dan mungkin sebagian orang akan menyebut ini hal bodoh), tapi kalau penantiannya terbalas dengan sesuatu yang sesuai dengan yang diharapkan, bukankah itu bisa disebut romantis?

  • SEOHYUN SNSD – IT’S OK EVEN IF IT HURTS

Even though you say that I can lose everything. It’s okay if I just have you to be with me

Saat mendengar lagu ini pertama kali, saya sempat curiga lagu ini diciptakan sebagai balasan lagu This Song-nya 2AM.  Tapi dipikir lagi, tidak mungkinlah. Terlepas dari itu semua, lagu ini merupakan salah satu lagu ballad (member) SNSD yang menjadi favorit saya.

  • FT ISLAND – BECAUSE I DIDN’T KNOW HOW TO LOVE

Lagu ini juga bertema perpisahan. Bagaimana seseorang melepaskan yang dia cintai karena merasa tidak bisa mencintai orang itu dengan cara yang benar.

If you meet someone new. They’ll probably be better for you
So I’ll send you away, and wish you well.
If I meet someone new, they won’t be the same as you 
So in my heart, you’ll always be forever.

  • ZHANG LI YIN FEAT XIAH JUNSU – TIMELESS

Siapa yang meragukan kualitas vokal mantan personil DB5K ini? Ditambah dengan suara Zhang Li Yin yang menurut saya sudah memenuhi kualitas diva, sepertinya sangat cocok untuk membawakan lagu ini.

Timeless adalah lagu debut Zhang Li Yin -trainee SM yang punya nama Korea Jang Ri In. An old song, but still so lovely to heard even if it’s already 7 years since this song released. Isi lagunya menurut saya lebih ke arah cinta yang posesif, tapi bukan dalam arti yang menakutkan. Ini tentang perpisahan yang diyakini tidak akan berlangsung selamanya. Coba lihat video klipnya, maksud liriknya terilustrasikan dengan jelas di situ.

Nah, udah pas 25 nih.

Ini sebenarnya list yang sangat amat subjektif, mestinya di judul dikasih tambahan (My Version). Seleraku rada aneh lho, jadi kalo ada yang dianggap tidak sesuai untuk dimasukkan ke dalam kategori romantis, mohon dimaklumi. Penyanyi/grup selain yang disebutkan di atas juga sebenarnya banyak (banget) yang menyanyi lagu tentang cinta. Kenapa tidak dimasukkan di list ini? Karena kesannya sudah bukan romantis lagi, tapi sudah menjurus ke galau (lagi-lagi menurut saya).

Advertisements

3 thoughts on “25 Best Korean Romantic Song

    1. emm.. kalau kyuyoung, sepertinya kita udah harus menyerah soal itu. haesica… aku gak tahu apa aku benar-benar ngeship mereka. gak ada alasan untuk heboh tentang couple ini, meskipun gak ada alasan juga untuk bilang mereka gak real. kalau kamu sempat baca beberapa postingan lain di blog ini, aku ngeship donghae sama sunye (dulu, sebelum sunye menikah dan punya anak). setelah itu, aku memang cenderung suka dengan segala hal berbau haesica, mulai dari fanfiction, fmv, dan segala macam fanart. dan tentang yongseo… yes! I do ship them *toss*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s